BIDANG KEGIATAN

PKM KEWIRAUSAHAAN

 

Disusun Oleh:

Silvia Uqtaviana

 

UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA

TAHUN AKADEMIK 2017/2018

 

 

HALAMAN PENGESAHAN

 

1.    Judul Kegiatan                                  : TAHU JABRED

2.    Bidang Kegiatan                               : PKM-Kewirausahaan

3.    Ketua Pelaksana Kegiatan

a.       Nama Lengkap                         :  Anijah Septiarani

b.      NIM                                          :  41183403130161

c.       Jurusan                                     :  Akuntansi

d.      Universitas                                :  Universitas Islam “45” Bekasi

e.       Alamat Rumah dan No HP      :  Bumi Bekasi Baru Jl. Kintamani 2 Narogong

f.       Alamat e-mail                           :   Anijahseptiarani@gmail.com

4.    Anggota Pelaksana Kegiatan/PenuliS    : 1 Orang

5.    Dosen Pendamping                             

a.       Nama Lengkap dan Gelar               :

b.      NIDN                                               :

c.       Alamat Rumah dan No Telp./HP    :

6.    Biaya Kegiatan Total

a.       Dikti                                          : Rp12.500.000

b.      Sumber Lain (Modal Sendiri)    :

7.    Jangka Waktu Pelaksanaan                     : 5 Bulan

 

 

Jepara, 07 September 2017

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

1.      Ringkasan.........................................................................................................1

2.      Bab I pendahuluan............................................................................................2

a.       Latar belakang.......................................................................................2

b.      Rumusan masalah..................................................................................3

c.       Tujuan program.....................................................................................3

d.      Luaran dan manfaat yang diharapkan

3.      Bab II gambaran umum.....................................................................................4

a.       Kondisi lingkungan......................................................................................4

b.      Sumber daya dan bahan baku......................................................................5

c.       Promosiyang digunakan..............................................................................5

d.      Peluang pasar..............................................................................................6

e.       Strategi pemasaran yang diharapkan..........................................................6

4.      Bab III metode pelaksanaan......................................................................                             

a.       Persiapan

b.      Uji coba pembuatan

c.       Cara pembuatan tahu jabred

d.      Promosi dan pemasaran produk

e.       Pembuatan dan penyerahan laporan akhir

5.      Bab IV biaya dan jadwal kegiatan

a.       Anggaran biaya

b.      Harga produk

c.       Perhitungan BEP perunit

d.      Jadwal kegiatan

6.      Bab V penutup

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RINGKASAN

Tujuan diadakannya program usaha ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kreatifitas kami dalam menciptakan suatu hal yang baru, dapat berpikir panjang atau luas dalam menjalankan setiap kegiatan, serta membuka peluang atau kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besardanmelatihjiwakewirausahaan yang sedikitbanyakkami miliki agar lebihterampil, efektif, dan efisien dibidangkewirausahaan. Dalam Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K), program yang akan kami ajukan ialah program usaha yang diberi nama “Tahu Jabred”.

Program usaha makanan yang kami buat berbahan dasar tahu produksi tahu goreng yang diselimuti dengan tepung krispydan isi yang beraneka rasa, sebagai bentuk pembelajaran kreatifitas mahasiswa di dalam mengasah dan mengaplikasikan ilmu kewirausahaan yang telah diberikan oleh dosen pengajar. Kami membuat program ini karena makanan tersebut juga banyak digemari dan disukai oleh semua orang baik dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa, karena rasanya yang enak dan lezat terutama bagi orang-orang yang menyukai cita rasa yang pedas dengan berbagai tingkat kepedasan sesuai dengan selera sedangkan bagi yang tidak menyukai pedas dapat memakannya juga dengan tingkat kepedasan yang rendah bahkan bisa juga tanpa ada rasa pedas.

Dengan keyakinan dan kerja cerdas yang kami lakukan usaha makanan ringan ini akan berhasil, karena kami mengemas bentuk dan rasa yang berbeda dari produk tahu yang lain. Selain itu, usaha makanan tahu ini dapat membantu mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan jajanan yang enak, lezat, dan higienis tanpa adanya bahan pengawet dengan fasilitas musik untuk merefleksikan nuansa hati ditengah penatnya tugas kuliah, makanan ringan yang berupa gorengan “Tahu Jabred” produksi kami pun bisa dapat dijadikan sahabat ngobrol dan diskusi untuk mencairkan suasana hati.

Maka dengan ide kreatif usaha ini kami membutuhkan kisaran dana untuk berwirausaha sebesar Rp 12.500.000 untuk keberlangsungan usaha makanan “Tahu Jabred” yang akan kami dirikan dan kemungkinan untuk kedepannya dapat kami kembangkan seiring perkembangan kewirausahaan yang selalu tumbuh dalam mensejahterakan perekonomian UKM (usaha kecil menengah) yang ada di Indonesia.

 

                               

 

 

BAB I PENDAHULUAN

 

A.  Latar Belakang

Tahu adalah makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang mengandung protein nabati yang baik untuk kesehatan. Sekarang ini, jarang sekali orang-orang yang menyukai makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti tahu.Makanan seperti ini, hanya kalangan dan orang-orang tertentu saja yang menyukai tahu atau bahkan karena terlalu sering mengkonsumsinya, maka banyak yang mulai bosan untuk memakan makanan tersebut. Hal ini karena, penampilan dan rasanya yang biasa-biasa saja atau kurang begitu menarik dalam penyediaannya.

Disini dalam program kewirausahaan, kami menciptakan produk makanan yang diberi nama “Tahu Jabred” dengan alasan untuk memberikan rasa kecintaan kepada masyarakat mengenai tahu agar dapat memakan dan menyukai makanan yang enak ini, dengan memberikan inovasi yang menarik serta unik, diberikan isi atau topping yang bermacam-macam dan tentu memiliki cita rasa yang lezat dan memiliki tingkat kepedasan yang bermacam-macam sesuai dengan selera yang diinginkan konsumen.

Kami berharap dengan adanya inovasi makanan tahu ini, semua kalangan menyukai tahu.Selain itu makanan tahu ini dapat menciptakan suasana kekeluargaan disaat santai maupun dalam berdiskusi. Mau hidup sehat dan asyik??? Konsumsi tahu jabred, makanan tahu kreativitas kami dijamin tidak kecewa namun kecanduan sehingga menjadi pelanggan setia pada kami.

B. Rumusan Masalah

1.    Bagaimana mengemas tahu menjadi makanan yang bergizi dan berdaya ekonomis?

   2.    Bagaimana mempengaruhi masyarakat untuk gemar memakan tahu?

C.  Tujuan Program

Tujuan dibuatnya program ini adalah untuk melatih kemandirian berwirausaha. Untuk menciptakan jiwa dan mental dalam berwirausaha. Dapat melatih kemampuan bekerja sama dalam tim. Dapat meningkatkan sosialisasi dengan masyarakat luas. Untuk melatih memanajemen dan memanfaatkan waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan. Dan untuk memenuhi kebutuhan makanan ringan yang enak dan lezat.

D. Luaran dan Manfaat yang Diharapkan

Luaran dan manfaat dari program yang dibuat dapat mengolah tahu menjadi cemilan yang diminati oleh banyak kalangan. Dengan isi yang bervariasi, menciptakan cemilan yang lezat, enak, dan bergizi. Mampu memenuhi kebutuhan dan selera konsumen atau pelanggan. Mendapatkan keuntungan finansial yang dapat meningkatkan tarif kesejahteraan hidup.Mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menegah) yang ada di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II GAMBARAN UMUM

A.   Kondisi lingkungan

Di lingkungan masyarakat yang semakin konsumtif, dapat mempermudah kami dalam membuat produk ini, karena banyak orang-orang yang malas membuat makanan sendiri dan ingin langsung memakan-makanan yang siap saji saja yang praktis dan tidak ribet.Selain itu, di kampus-kampus umumny amenyukai gorengan dan selama ini jenis gorengan yang ada dilingkungan kampus belum ada yang terbuat dari olahan tahu. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk membuka usaha makanan ringan berupa gorengan yang berbahan baku tahu dengan isi yang bervariasi di dalam tahunya. Adapun produk yang akan kami pasarkan yaitu Tahu isi sayur-sayuran, daging serta sosis dan lain sebagainya yang di selimuti dengan tepung krispy dan rasa yang pedas.

B.    Sumber Daya dan Bahan Baku

Dalam pendirian usaha ini, sumber bahan baku utama adalah tahu. Tahu mudah ditemukan dimana saja, yang terbuat dari kacang kedelai yang di giling secara halus dan dicetak. Tahu yang akan kami pergunakan adalah tahu kotak yang ukurannya besar berwarna coklat dan tahu putih. Dan untuk isi tahunya kami isi dengan berbagai jenis sayur-sayuran dan diracik sendiri dengan inovasi rasa yang telah kami pelajari cara peracikan bumbu-bumbunya, dengan memiliki kualitas produk yang bagus dan dijamin higienis.

C.     Lokasi Usaha

Untuk proses pembuatan produk ini kami membuat di rumah. Untuk lokasi usaha kami akan membuka stand di dalam kampus, di luar wilayah kampus, dan menyewa tempat di luar dengan tempat yang strategis, dekat dengan jalanan yang ramai, dan mudah diketahui oleh banyak orang.

D.     Peluang Pasar

Melihat dari banyaknya produk-produk yang kami buat, serta kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama dengan kreatifitas dan keunikannya masing-masing. Hal itu tidak membuat semangat kami menurun dalam berkreasi dan berinovasi. Kami menyiasatiproduk yang kami buat dengan inovasi yang berbeda dari produk-produk yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi rasa yang lebih enak dari rasa yang biasa sampai rasa yang begitu pedas, isi yang bervariasi, ukuran yang lebih besar, harga yang ekonomis, dan yang paling penting produk yang kami buat dijamin higienis tanpa memakai bahan pengawet atau bahan-bahan yang mengandung kadar kimia yang tinggi. Dengan ini, kami yakin produk yang kami miliki mampu bersaing dan laku dipasaran. Selain itu, kami memiliki banyak relasi yang dapat dijadikan pelanggan tetap.

E.   Strategi Pemasaran yang diharapkan

a.    Kenali  Pelanggan. Kami lebih mengutamakan apa yang diinginkan dan disukai oleh para pelanggan.

b.    Melakukan Promosi Produk. Promosi yang akan kita gunakan dari mulut ke mulut dan juga melalui media massa seperti brosur dan pamflet.

c.    Menentukan dan Memilih Lokasi yang Strategis. Memilih dan menentukan lokasi yang strategis, yang mudah dikenali dan diketahui keberadaan tempat jualan seperti di dekat jalan, di wilayah kampus atau di depan wilayah kampus, dan menyewa tempat.

d.    Menggunakan Sarana Internet. Selain menggunakan brosur dan pamflet, kami juga memperkenalkan produk kami melalui media social seperti bbm, facebook, twitter, dan blogger.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III METODE PELAKSANAAN

A.   Persiapan Bahan Baku, Peralatan dan Tempat Pemasaran

Pada tahap ini, yang pertama kami mempersiapkan bahan bakuterlebih dahulu yang bahan utama dari produk kami yaitu tahu. Tahu yang kami pergunakan ada 2 jenis, yaitu tahu putih dan tahu coklat. Selain kedua bahan utama tersebut, kami juga mempersiapkan bahan-bahan lain untuk membuat isi dari tahu, kulittahu, dan bumbu-bumbu dari isi tahu serta kulit tahu tersebut yang terdiri dari ayam cincang, kol, wortel, touge, sosis, daun bawang, cabe rawit, cabe merah, garam, Merica bubuk, Tepung Terigu, Tepung sagu, dan lain-lain.

Selain mempersiapkan bahan-bahan, kami juga mempersiapkan peralatan-peralatan untuk mendukung dalam pembuatan tahu jabred yang terdiri dari gerobak, penggorengan, kompor, gas, spatula, box, baskom, pisau, talenan dan masih banyak lagi.

Untuk memasarkan produk, sebelum memasarkannya kami mempersiapkandan menentukan tempat terlebih dahulu, tempat yang paling strategis, ramai, dan mudah diketahui keberadaannya seperti dijalan-jalan, di dalam kampus atau diluar kampus, dan juga menyewa tempat.

B.    Uji Coba Pembuatan

Pada tahap ini, kami melakukan uji coba pembuatan tahu jabred.Tempat uji coba yaitu di rumah salah satu anggota kami.Uji coba pembuatan tahu jabred kami lakukan selama tiga minggu agar kami dapat membuat dengan sebaik mungkinuntuk membuatan tahu jabred tersebut agar rasanya pas dan enak.

C.   Cara Pembuatan Tahu Jabred

Cara Pembuatan tahu jabred ini, sangat mudah dilakukan dan pada umumnya sama seperti pembuatan tahu isi-tahu isi lain yang sudah diketahui.

Cara membuat tahu jebred:

·      Membuat Bahan Kulit Tahu Jabred:

1)   Tepung terigu 100 gr

2)   Tepung beras 1 sendok makan

3)   Tepung sagu 20 gr

4)   Tahu 10 buah

5)   Daun bawang 1 batang, iris tipis

6)   Merica bubuk ¼ sendok teh

7)   Garam ½ sendok teh

8)   Air 175 ml

9)   Telur 4 Butir

·    Bahan Isi Tahu Jabred:

1)   Ayam cincang 10 gr dan sosis, tumis

2)   Wortel 100 gr, iris seperti korek api, seduh air panas

3)   Kol 75 gr, iris tipis, seduh air panas

4)   Cabai rawit merah 6 buah/sesuai selera, ulek kasar

5)   Toge 100 gr, seduh

6)   Merica bubuk ¼ sendok teh

7)   Garam 1 ¼ sendok teh

8)   Gula pasir ½ sendok teh

·    Cara Membuat Tahu Jabred:

1)      Cuci terlebih dahulu semua bahan-bahannya dari tahu, bumbu-bumbunya dan untuk isiannya sampai bersih.

2)      Untuk memakai tahu putih, hancurkan tahu secara kasar. Kemudian tahu dibentuk dan diberi isi.

3)      Untuk tahu yang berwarna coklat digoreng terlebih dahulu, setelah itu angkat dan tiriskan. Belah tahu untuk isiannya untuk tahu coklat.

4)      Kemudian semua bahan kulit tahu campurkan sembari diaduk merata hingga adonan sedikit encer.

5)      Setelah itu campurkan juga semua bahan isian tahu seperti, ayam, sosis, cabai, wortel, kol, taoge, merica, gula pasir dan garam, aduk sampai merata.

6)      Setelah semuanya tercampur masukkan isian kedalam tahu, setelah itu celupkan kedalam adonan kulit.

7)      Kemudian tahu goreng sampai matang dalam minyak panas dan api yang sedang.

8)      Setelah warnanya kecoklatan dan matang, angkat tahu dan tiriskan.

9)      Tahu jeletotpun siap untuk disajikan.

D.    Promosi dan Pemasaran Produk

Target utama dalam mempromosikan dan pemasaran produk yang kami jual adalah orang dewasa dan remaja karena produk yang kami buat sangat digemari oleh kalangan orang dewasa dan remaja.Penjualan tahu jabred biasanya kami lakukan setelah aktivitas perkuliahan selesai.Untuk mempromosikan produk tahu jabred ini, yang pertama kami mempromosikan dari mulut ke mulut terutama dipromosikan kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu. Sambil berjualan keliling dalam mempromosikannya, kami juga akan membuka stand penjualan di luar wilayah kampus dan di dalam kampus, meyewa tempat untuk membuka usaha ini.Dan menggunakan media seperti brosur, pamflet, media massa facebook, twitter, dan bbm.

E.     Pembuatan dan penyerahan Laporan akhir

Setelah produk kami laku terjual, kami segera membuat laporan berdasarkan produk telah kamijual. Proses pembuatan laporan minimal dilakukan selama tiga minggu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

A.   Anggaran Biaya

Secara sederhana, bisnis ini dapat dihitung dengan cara :

Biaya Peralatan 30%

Nama Peralatan

Jumlah

Harga Per-alat

Total Harga

Wajan Besar

1 buah

Rp100.000

Rp100.000

Spatula

2 buah

Rp6.000

Rp12.000

Baskom

3 buah

Rp10.000

Rp30.000

Pisau

2 buah

Rp25.000

Rp50.000

Gerobak

1 buah

Rp2.500.000

Rp2.500.000

Talenan

2 buah

Rp10.000

Rp20.000

Dispenser

1pcs

Rp. 274.000

Rp. 274.000

Box

5 buah

Rp20.000

Rp100.000

Kompor Gas

1 buah

Rp300.000

Rp300.000

Tabung Gas

3 buah

Rp150.000

Rp450.000

Blender

1 buah

Rp150.000

Rp150.000

Mesin Pendingin

1 buah

Rp2.000.000

Rp2.000.000

Bangku

3 buah

Rp20.000

Rp60.000

Saringan

1 buah

Rp6.000

Rp6.000

Total Biaya Tetap

Rp.6.052.000

 

Biaya Habis Pakai

Bahan Kulit Tahu

Unit

Harga Per-unit

Total Harga

Tepung Terigu

3 kg

Rp10.000 (Segitiga)

Rp30.000

Tepung Beras

1 kg

Rp6.000 (1/4)

Rp24.000

Garam

1 buah

Rp1.000

Rp1.000

Tepung Sagu

¼ kg

Rp3.000

Rp3.000

Air

5 galon

Rp10.000

Rp50.000

Daun Bawang

Rp5.000

Rp5.000

Merica Bubuk

3 buah

Rp1.000

Rp3.000

Tahu Coklat

100 pcs

Rp4.000

Rp400.000

Tahu Putih

50 pcs

Rp3.000

Rp150.000

Telur

1 kg

Rp17.000

Rp17.000

SUB TOTAL Bahan Kulit Tahu

Rp683.000

Bahan Isi Tahu

Unit

Harga Per-unit

Total Harga

Ayam Cincang

1 ekor

Rp36.000

Rp36.000

Sosis

2 bungkus

Rp17.000

Rp34.000

Wortel

1/2 kg

Rp10.000

Rp10.000

Tauge

¼

Rp15.000

Rp15.000

Kol

1 buah

Rp10.000

Rp10.000

Cabai Rawit

1 kg

Rp30.000

Rp30.000

Cabai Merah

1 kg

Rp45.000

Rp45.000

Garam

1 buah

Rp1.000

Rp1.000

Gula Pasir

¼ kg

Rp3.000

Rp3.000

Merica Bubuk

2 buah

Rp1.000

Rp2.000

Bawang Merah

1/4 kg

Rp15.000

Rp15.000

Bawang Putih

1 ons

Rp2.000

Rp2.000

Minyak Goreng

2 liter

Rp15.000 (1 ltr)

Rp30.000

Masako

6 bungkus

Rp500

Rp3.000

SUB TOTAL Bahan Isian Tahu

Rp236.000

Jumlah Bahan Habis Pakai

Rp919.000

 

Biaya Perjalanan

Material

Unit

Harga Per-unit

Total Harga

Transportasi untuk mengangkat perlengkapan dan peralatan produksi

Rp10.000

Ongkos Bensin

4 liter

Rp10.000

Rp40.000

SUB TOTAL

Rp50.000

 

Biaya Lain-lain ( Biaya Pendukung )

Material

Unit

Harga Per-unit

Total Harga

Banner

3x1 cm

Rp70.000

Rp70.000

Brosur

100 lbr

Rp2000

Rp200.000

Sewa Tempat

Untuk 5 bulan

Rp750.000 (untuk 1 bulan)

Rp3.750.000

Tenda Stand

1 pcs

Rp.100.000

Rp100.000

Sounds System

1 buah

Rp50.000

Rp50.000

SUB TOTAL

Rp4.170.000

 

Total Total Pengeluaran = Biaya Peralatan + Biaya Bahan Habis Pakai + Biaya Transportasi + Biaya Lain-lain / Pendukung

Total Pengeluaran    =   Rp6.052.000 + Rp919.000 + Rp50.000 + Rp4.170.000

                                 =   Rp11.191.000

Sisa                           =   Pemasukan – Pengeluaran

Sisa                           =   Rp12.500.000 – Rp11.191.000        =   Rp1.309.000

B.    Harga Produk

Adapun prduk yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi. Tahu jabred yang  isi sosis pedas harganya Rp2.500

C.   Perhitungan BEP unit

Modal awal = Rp12.500.000

Total penjualan yang diinginkan / bln 50 tahu

30 hari * 2.500 = Rp3.750.000

Total biaya per bulan (bahan baku) Rp919.000

Laba bersih per bulan Rp2.831.000

Diperkirakan selama 5 bln kita dapat meraih BEP / feed back yaitu total pendapatan-modal awal : 14.155.000-12.500.000 =  Rp1.655.000

Maka perhitungan pay back period selama 30 hari adalah Rp1.655.000

D.   Jadwal Kegiatan

Kegiatan PKM ini, dilaksanakan selama 5 bulan. Rencana ini tertera pada tabel di bawah ini:

Tabel Rencana Jadwal Pelaksanaan Program

 

No

Kegiatan

Bulan I

Bulan II

Bulan III

Bulan IV

Bulan V

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1.

Persiapan Bahan-bahan dan Peralatan

2.

UjiCoba Pembuatan

3.

Promosi

4.

Pemasaran

5.

Laporan Kegiatan Usaha

6.

Penyerahan Laporan Akhir

 

 

 

 

 

BAB V PENUTUP

A.   kesimpulan

 Jadi tahu jabred adalah makanan yang khas dri palembang yang sangat seder4hanaa dan memiliki ciri khas tertentu yang tidak seperti tahu pada umumnya. Tahu ini berbentuk kotak kecil-kecil.

          Selain bentuk yang berbeda dari tahu yang lain, rasanya juga berbeda,dengan demikian makan tersebut dapat menarik daya para pembeli untuk membelinya, itulah alasan dari seorang penulis yang mengangkat judul tersebut dengan berbagai keunikan, rasa yang berbeda dengan tahu yang lain.

 

 

Link Download